S1 AKUNTANSI

Program Studi S1 Akuntansi didirikan pada tahun 2014 menjadi tujuan dan pilihan bagi para lulusan sekolah menengah atas yang mencari pendidikan tinggi akuntansi yang berkualitas. Keunggulan Program Studi Akuntansi ITB AAS didukung oleh kualitas para pengajar dan peneliti, serta praktisi yang mempunyai fokus keilmuan yang bervariasi, mulai dari Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Syariah, Akuntansi Forensik, Sistem Informasi dan bidang-bidang ilmu akuntansi yang lain. Mereka tidak hanya berpengalaman dalam mengajar dan melakukan penelitian dalam bidangnya, tetapi juga diperkaya dengan pengalaman praktis.

Kami mempunyai komitmen kuat untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai tiga kompetensi dasar, yaitu pertama kompetensi fungsional atau kompetensi dalam menjalankan fungsi-fungsi akuntan. Kedua, kompetensi personal atau kompetensi dalam melakukan hubungan interpersonal (team work) dan ketiga yaitu wawasan bisnis global. Ketiga kompetensi tersebut telah diwujudkan dalam kurikulum, kegiatan kemahasiswaan dan suasana kampus.Keunggulan kami juga didukung oleh jaringan yang luas, terutama oleh para alumni yang telah tersebar di berbagai perusahaan multinasional, instansi pemerintah maupun sebagai wirausahawan yang unggul. Selain itu, reputasi kami di tingkat nasional juga telah menguatkan jejaring yang kami bangun.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan dengan senang hati menyambut Anda menjadi bagian dari Program Studi S1 Akuntansi, ITB AAS.

VISI

Menjadi Program Studi S1 Akuntansi yang unggul dan berdaya saing di tingkat Regional Jawa Tengah melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi  pada tahun 2026.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana (S1) di bidang ilmu akuntansi sektor publik dan akuntansi manajemen yang unggul dan berdaya saing di tingkat Regional Jawa Tengah.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang akuntansi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan di tingkat Regional Jawa Tengah.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, berkompetensi dan berdaya saing tinggi dalam memecahkan masalah akuntansi.
  2. Mengembangkan program studi untuk lebih berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan akuntansi melalui penelitian dosen dan mahasiswa.
  3. Mengembangkan program studi untuk lebih berorientasi pada Pengamalan ilmu pengetahuan melalui pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan kerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi baik di dalam maupun luar negeri, serta  membina kerjasama kemitraan dengan dunia usaha guna pengembangan jejaring dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

DOSEN PROGRAM STUDI

No Nama Dosen Jabatan Keterangan
1. LMS.  Kristiyanti,SE.,M.Si.,Ak Ketua Program Studi S1: FE Akuntansi UNS

S1: Maksi UNS

2. Yuwita Ariessa Pravasanti,SE.,M.Si Sekretaris Program Studi S1: FE  Akuntansi UNS

S2: Maksi UNS

3.  Drs Hadi Samanto, MM Dosen/Dekan S1: FE Manajemen Undip

S2: MM UMS

S3: sedang studi lanjut Di STIESIA Surabaya

4. Maya Widyana Dewi,SE.,MM Dosen/Warek 1 S1: FE Akuntansi Universitas Satya Wacana

S2: MM UNS

5. Dr Johny Subarkah,SE.,MM Dosen S1: FE Akuntansi Univ Gajayana

S2: MM Krisnadwipayana

S3: Pascasarjana UNS

6. Dra Rukmini, MM Dosen S1: FE Manajemen UNS

S2: MM STIE WW

7. Sri Supadminingsih, SE.M.Si., Ak Dosen S1: FE Akuntansi UNS

S2: Maksi UNS

8. M. Gunawan Setyadi, S.Si. M.Si Dosen S1:  UNS

S2:  Uniba

9. Dr Purwanto, SE.M.Par CHA Dosen S1:  UNSA

S2:  STIEPARI

S3: Pasca Sarjana UNS

STRUKTUR KURIKULUM

Jumlah SKS  Program Studi S1 Akuntansi  (minimum untuk kelulusan) :  145 sks yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah sks Keterangan
(1) (2) (3)
Mata Kuliah Wajib 136
Mata Kuliah Pilihan 9 Mata kuliah pilihan sebanyak 9 sks dari 24 sks yang ditawarkan
Jumlah Total 145

Konsentrasi pilihan:

  1. Akuntansi Sektor Publik
  2. Akuntansi Manajemen

PROSPEK LULUSAN

Lulusan S1 Akuntansi dengan gelar Sarjana Akuntansi (S.Ak) mempunyai prospek untuk bekerja sebagai  Pegawai Negeri Sipil (PNS), Staff Keuangan Sektor Publik dan Swasta,  Perbankan, Akuntan (bekerja di KAP), bekerja di Kantor Pajak,  sebagai manajer, Pengusaha,dsb.

Hasil survey ke para alumni, rata-rata waktu tunggu lulusan untuk mendapoatkan pekerjaan: