Beasiswa Studi Lanjut S3 Dosen ITB AAS Indonesia

ITB AAS MENGIRIMKAN  DOSEN PRODI EKONOMI  SYARIAH DENGAN BEASISWA STUDI LANJUT S3  LUAR NEGERI KE UNIVERSITY OF DUNDEE

 

Kualitas dosen akan sangat menentukan tinggi-rendahnya kualitas suatu perguruan tinggi. Menurut Undang-undang RI No.14 th. 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 46 Ayat 2, yang mengamanatkan bahwa dosen harus memiliki kualifikasi akademik minimum magister untuk mengajar di program diploma atau program sarjana serta doktor untuk mengajar program pascasarjana. Dengan latar belakang tersebut di atas, pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud mendorong dosen-dosen perguruan tinggi untuk studi lanjut baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah tersebut  ITB AAS Indonesia menyediakan beasiswa studi lanjut S3 luar negeri  (terutama di

negara yang lebih maju) dengan tujuan antara lain:

  1. Bisa menjadi lebih mandiri, baik dalam keilmuan maupun dalam kehidupan sehari-hari,
  2. Mendapatkan kesempatan untuk memahami budaya lain sehingga akan lebih berkembang wawasan kita,
  3. Mendapatkan kesempatan untuk melakukan benchmarking keilmuan: kita dapat menggali referensi induk bahkan dengan profesor utama dalam bidang keilmuan kita secara langsung sehingga dapat memperdalam orisinalitas ilmu dan ketajamannya,
  4. Tersedia referensi, baik jurnal maupun buku yang sangat mencukupi,
  5. Mempunyai kesempatan yang besar untuk dapat memperlancar penguasaan bahasa asing, dan
  6. Mempunyai peluang untuk membangun jaringan yang berguna bagi pengembangan ilmu, institusi maupun karier.

Beasiswa studi lanjut S3 ITB AAS adalah langkah strategis untuk mencapai tujuan perguruan tinggi yaitu menjadi institut yang unggul dilevel nasional pada tahun 2031. Dengan dukungan penuh Yayasan, ITB AAS telah merealisasi  beasiswa luar negeri  dengan memberangkatkan salah seorang Dosen Prodi Ekonomi Syariah atas nama Sherly Andini Putri. Dosen muda ini memilih University ofDundee, United Kingdom, dengan alasan universitas tersebut termasuk perguruan tinggi yg unggul dilevel internasional.

Dengan penambahan dosen  berkualifikasi doktor, diharapkan nantinya beberapa rencana strategis AAS dapat terwujud. Selain untuk mendukung terwujudnya keunggulan prodi ekonomi syariah, juga peluang membuka prodi magister ekonomi syariah terbuka lebar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.